Sebut Ada Virus Corona di Balikpapan, 2 Perempuan Jadi Tersangka Penyebar Hoaks

Kompas.com - 05/02/2020, 16:26 WIB
Status Wanita berinisial KR (pake jilbab) penyebar berita Hoax terkait pasien virus Corona yang di rawat di RSKD Balikpapan kini ditetapkan sebagai tersangka. Tribun KaltimStatus Wanita berinisial KR (pake jilbab) penyebar berita Hoax terkait pasien virus Corona yang di rawat di RSKD Balikpapan kini ditetapkan sebagai tersangka.
Editor Rachmawati

KOMPAS.com - KR (29) pemilik akun Facebook Kazahra Tanzania ditetapkan sebagai tersangka kasus penyebaran hoaks virus Corona di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Warga Teritip Balikpapan itu ditangkap oleh Ditcyber Krimsus Polda Kaltim pada Sabtu (1/2/2020).

Dilansir dari TribunKaltim.co, Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana mengatakan KR mendapatkan informasi dari saudaranya yang bekerja di salah satu rumah sakit bahwa ada pasien yang suspect virus Corona.

KR menanggapi pernyataan tersebut dengan serius dan menulisnya di Facebook pada 30 Januari 2020.

Baca juga: Warga Eksodus Tinggalkan Natuna, Ini Penjelasan Ketum IDI tentang Penyebaran Virus Corona

"Bahwa mungkin itu, tapi si KR ini menanggapi serius dari candaan tersebut, dan langsung memposting di akun Facebook miliknya," jelas Ade Yaya Suryana.

Berikut status yang diunggah oleh KR melalui akun Facebook Kazahea Tanzania pada Kamis (30/2/2020).

"Bismillah. Info penting. Usahakan keluar memakai masker karena di RS Kanujoso sudah menerima pasien positif corona. Orang Balikpapan baru datang dari China (berita akurat)"

Unggahan tersebut menjadi viral dan mendapat respon oleh warganet sehingga pihak kepolisian turun tangan.

Baca juga: Kunjungi WNI yang Diobservasi di Natuna, Prabowo Bantu Obat-obatan

Penyidik pun memeriksa KR dan salah satu saudaranya yang bekerja di rumah sakit.

Sementara itu Kasubdit V Syber Krimsus Polda Kaltim AKBP Albertus Andreana mengatakan KR sempat menjalani introgasi di Polda Kaltim.

"Penetapan sebagai tersangkanya sudah, tapi untuk lebih lanjutnya lagi kita akan gelar perkara dulu kita melengkapi berkas terlebih dahulu baru kemudian kita menentukan langkah langkah berikutnya," kata Albertus Andreana, Senin (3/1/2020) di Mapolda Kaltim.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X