Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Belasan ABK Lompat dari Kapal Saat Api Menjalar di Permukaan Laut

Kompas.com - 31/03/2018, 13:14 WIB
Caroline Damanik

Editor

Sumber

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Api dan asap hitam yang membumbung tinggi diduga datang dari perairan di sekitar Dermaga Telaga Emas, Balikpapan Barat, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (31/3/2018).

Belasan ABK dari kapal kargo batu bara yang sempat disambar api dalam insiden munculnya api dan asap hitam di laut Balikpapan masih panik di dalam pos Polisi Pelabuhan Speed Kampung Baru Balikpapan Barat. Mereka panik karena dua rekannya hingga kini tak diketahui keberadaannya.

Di ruang pos polisi 4x5 meter tersebut terdapat 18 ABK.Tubuh mereka basah kuyup. Pelampung keselamatan bertebaran di dekat pintu masuk pos polisi.

(Baca juga: Ada Minyak Tumpah di Perairan Balikpapan Sebelum Api dan Asap Muncul)

Mayoritas ABK yang mengenakan pakaian berwarna oranye tersebut berbincang serius dengan menggunakan bahasa mandarin. Belakangan diketahui, mereka merupakan ABK Kapal kargo batu bara bernama Ever Judger yang lego jangkar di perairan Teluk Balikpapan.

Total awak kapal berjumlah 20 orang. Semuanya warga negara asing (WNA) asal Tiongkok.

Adi (21), salah seorang motoris yang ikut mengevakuasi ABK mengatakan, dirinya kaget melihat api tiba-tiba muncul di air lalu menjalar mendekati kapal-kapal yang lego jangkar.

Dia pun bersama rekan-rekannya mendatangi lokasi kejadian karena menduga ada pekerja yang berada di dalam kapal. Benar saja, saat speedboat yang dikendarainya mendekat, dia melihat belasan ABK satu per satu melompat ke laut dengan pelampung melingkar di badannya.

Kontan dia bersama motoris lainnya langsung menghampiri para awak kapal, lalu mengangkat tubuh mereka ke atas speedboat.

(Baca juga: Api dan Asap Membumbung di Balikpapan, Wali Kota Imbau Warga Tak Panik)

ABK kapal asal Tiongkok tersebut langsung dibawa ke pos polisi pelabuhan speedboat Kampung Baru.

"Kata kaptennya 20 awak. Ini yang bisa kami evakuasi 18 orang. Dua orang yang hilang," kata Adi.

Satu ABK yang berhasil mereka selamatkan mengalami luka bakar serius dan sudah dilarikan ke rumah sakit terdekat.

"Bagian belakang kapal sempat dilalap api. Satu orang luka bakar. Nah, dua orang ini masih belum tahu tenggelam atau dievakuasi tapi entah dibawa ke mana," katanya.


Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul Lihat Api Menjalar di Laut Balikpapan, Belasan WNA Asal Tiongkok Lompat dari Kapal Kargonya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com